Blogger-Info © 2014 | Facebook Twitter Google+
Powered By : Blogger

Minggu, 02 November 2014



 Makalah Mengenai Cara Pembuatan Toko Online Menggunakan CMS,Pengertian CMS, Jenis CMS, dan Cara penginstalan



Laporan Ini Dibuat Untuk Memenuhi Salah Satu tugas Pemasaran Online



Oleh :
·        Khotimah  X Tata Niaga 2



Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
SMK Negeri 2 Kota Sukabumi
Tahun Ajaran 2014/2015



KATA PENGANTAR
      Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.
      Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
     Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena penulisan yang saya tulis sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.














DAFTAR ISI
                                                                                                                           Halaman
Kata Pengantar………………………………………………………………………………i
Daftar Isi……………………………………………………………………………………...v
Bab I Pendahuluan
1.1  Latar Belakang…………………………………………………………………………. 2
1.2  Tujuan…………………………………………………………………………………… 2
Bab II Cara membuat toko online
2.1 Membuat Toko Oline menggunakan CMS…………………………………………...3
Bab III Mengenai CMS
3.1 Pengertian CMS…………………………………………………………………………4
3.2 Jenis CMS………………………………………………………………………………..4
3.3 Cara penginstalan……………………………………………………………………….5
Bab IV Penutup
4.1 kesimpulan……………………………………………………………………………….6
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………………...7






BAB 1 PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
     Makalah ini, kebutuhan internet di masyarakat semakin meningkat. Banyak hal dapat kita lakukan melalui internet, karena internet sekarang ini merupakan suatu kebutuhan yang cukup penting. Di dunia maya atau kita sebut sebagai internet kita mengenal berbagai macam situs atau web, di dalam situs tersebut terdapat berbagai macam keanekaragaman informasi sesuai dengan kehendak si pembuat situs atau web tersebut. Megenai makalah ini sangat
     Makalah ini membahas tentang cara membuat toko online menggunakan CMS. Intinya dengan cara pembuatan ini membantu pembaca untuk mengetaui caranya seperti apa.
1.2  Tujuan
Adapun tujuan penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Memenuhi tugas yang diberikan
2. Menambah nilai mata pelajaran pemasaran online
3. Untuk memberikan informasi kepada pembaca























BAB II CARA MENBUAT TOKO ONLINE
2.1 Membuat Toko Online menggunakan CMS
     Berikut ini panduan menggunakan plugin WooCommerce untuk membuat toko online di Wordpress :
  • Pastikan WooCommerce sudah terinstall di CMS Wordpress, bila belum silahkan download di http://www.woothemes.com/.
  • Lakukan pengaturan pada WooCommerce untuk menyesuaikan mata uang yang dipakai dengan Indonesia Rupiah (IDR). WooCommerce > Products > Products.
  • Cara menambahkan barang yang ingin dijual caranya, Products > Add Product.
  • Tulis judul products Anda, jangan lupa buat atau pilih products categories untuk mengelompokkan barang Anda.
  • Masih dihalaman yang sama seperti gambar di atas, geser halaman dengan scroll ke bawah, Upload gambar pada Product Image.
  • SKU (jumlah barang), Regular Price (Rp) & Sale Price (Rp) adalah harga barang Anda.
  • Beri keterangan mengenai barang yang akan Anda jual. Langkah terakhir dengan melakukan "Publish".
  • Products berhasil ditambahkan ke halaman toko online.
  • Detail tampilan produk yang baru ditambahkan.










BAB III MENGENAI CMS
3.1 Pengertian CMS
     CMS kepanjangan dari Content Management System. CMS merupakan sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload,edit,menambahkan,dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.
    Sehingga dengan adanya CMS ini, orang awam pun dapat membuat sebuah website yang langsung jadi dan pengguna tinggal mengelola isi konten website tersebut tanpa campur tangan dari pihak webmaster.
    Di dalam CMS, manajemen file-file juga sangat terstruktur, setiap elemen antara isi dan tampilan desain terpisah. Fleksibilas sebuah CMS, membuat CMS ini banyak dikembangkan oleh pihak-pihak lain, apalagi jika CMS yang memiliki kemajuan sangat pesat dan terus mengalami perubahan atau update sistem secara berkala. Hal ini lah yang membuat banyak developer-developer memilih mengembangkan aplikasi CMS ini daripada membuat sebuah aplikasi web yang baru.
CMS dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis website seperti :
  • Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
  • Portal
  • Galeri foto
  • Aplikasi E-Commerce / Toko Online
  • Mengelola website pribadi / blog.
  • Dan lain-lain.
     CMS saat ini berkembang pesat, banyak sekali macam-macam CMS. Dalam dunia blogging, CMS adalah salah satu andalan untuk membangun sebuah blog, yang mana notabene blogger tidak semuanya mengerti akan membuat website dari nol, tetapi hanya tahu cara menulis dan posting. Oleh karena itulah, kehadiran CMS ini sangat bermanfaat sekali.
3.2 Jenis CMS
Jenis CMS sebagai berikut :
1. CMS WordPress
    Tentu bagi kalian yang sudah lalu lalang di dunia web dan blog tidak asing lagi dengan CMS ini, namun untuk informasi bagi yang belum tahu, CMS WordPress ini adalah sebuah CMS yang sebenarnya dikategorikan ke dalam CMS jenis Blog. Meskipun di khususnya untuk blog, namun kenyataannya banyak sekali developer-developer yang menggunakan CMS ini untuk membuat sebuah website baik itu company profile, hingga toko online. Karena CMS WordPress ini selain User Friendly, juga memiliki fitur dan layanan yang banyak, selain itu dukungan komunitas juga sudah menyebar luas. Selengkapnya tentang CMS WordPress bisa dilihat di postingan ini  “CMSWordPress“.
2. CMS Joomla
    CMS Joomla juga banyak yang menggunakannya. Mayoritas CMS Joomla digunakan untuk membuat sebuah website baik itu company profile, personal, website sekolah, hingga toko online. Karena CMS Joomla ini memang dikhususnya untuk membangun website yang powerfull. Meskipun CMS WordPress juga powerfull, tetapi CMS Joomla lebih komplek dari CMS WordPress dan sistem manajemennya yang sedikit rumit dari CMS WordPress. Untuk informasi lengkap tentang CMS Joomla bisa dilihat di postingan ini  “CMS Joomla
3. CMS Drupal
    Dengan Drupal Anda dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website-dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Desain Drupal memang tidak sebagus Joomla!, tapi sangat mudah untuk di-customize. Drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search-engine friendly URL, dan agregator berita.
4. Aura CMS
    Ini adalah salah satu CMS hasil buatan anak indonesia. Namun, CMS ini masih banyak mempunyai kekurangan dibandingkan CMS-CMS seperti di atas, tetapi jika anda mampu mengembangkan CMS ini, alhasil CMS ini akan setara dengan CMS-CMS yang sudah populer saat ini. Selengkapnya tentang Aura CMS di sini.
5. CMS Opencart
    CMS OpenCart adalah CMS khusus untuk membuat sebuah Toko Online. CMS ini juga banyak dipakai baik bagi kalangan personal maupun developer yang ingin membangun sebuah toko online. CMS Opencart ini sudah bisa dibilang lengkap, karena memang CMS ini dikhususkan untuk E-Commerce. Beda dengan CMS-CMS diatas. Kekurangan CMS Opencart adalah dari sisi SEO, tetapi untuk manajemen kontennya CMS ini bisa dibilang mudah. Selengkapnya tentang CMS Opencart bisa dilihat di sini.
6. CMS Prestashop
    CMS Prestashop juga sama dengan CMS Opencart, kedua CMS ini sama-sama dikhususkan untuk membuat sebuah toko online dengan mudah. Selengkapnya tentang CMS Prestashop bisa dibaca di sini.
7. CMS Moodle
    Mungkin ada sudah pernah mendengar dan ada yang belum. Yaps, CMS ini memang agak asing, karena umumnya yang memakai CMS ini adalah sebuah instansi sekolah. CMS Moodle adalah sebuah CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi E-Learning. Dalam CMS Moodle ini sudah terdiri fitur-fitur E-Learning yang sangat lengkap, mulai dari online test, forum, dll. Manajemen CMS ini agak sedikit rumit, dan harus diperlukan pemahaman tentang cara menggunakannya.
3.3 Cara penginstalan
Wordpress adalah salah satu cms open source atau gratis yang populer sebagai mesin blog. Wordpress dibangun menggunakan pemrograman Php dan basisdata Mysql. WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.
Keunggulan sebuah CMS dengan basisdata kita bisa membuatnya atau belajar menggunakan Wordpress ini pada localhost komputer kita. Localhost adalah Sebuah aplikasi yang memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk dapat mengakses Local Hosting. Atau loopback address local komputer. Tentu ini tidak berlaku di semua komputer karena ini ada jika melakukan instalasi software semacam XAMP, WAMP,dll.
Dan tentu saja kita bisa belajar menggunakan Wordpress secara offline tak perlu terkoneksi internet dan mempunyai Hosting.Sebelum kita memulainya pastikan anda sudah mendownload CMS Wordpressnya dan Software XAMPP nya, Jika belum silahkan download terlebih dahulu pada link dibawah ini:

1. Install XAMPP di komputer anda.
2. Sekarang buka aplikasi XAMPP nya di desktop dengan nama XAMPP Control Panel
3. Pastikan Apache dan Mysql dalam keadaan Running, jika belum klik
4. Sekarang buka browser pada komputer anda dan ketikkan URL seperti inihttp://localhost/xampp/, dan pilih menu phpMyAdmin.
5. Pilih Basisdata (Database jika english version), dan isi form ciptakan database baru dengan nama wordpress dan pilih Ciptakan.
6. Sekarang Extract File Wordpress yang telah didownload tadi dan Copy atau pindahkan ke folder XAMPP/htdocs.
7. Buka browser dan ketikkan URL http://localhost/wordpress/ dan Pilih Create a Configuration File.
8. Pilih lets go!.
9.Isiformdenganketentuansepertiini:
DatabaseName:wordpressUserName:rootPassword(kosongkansaja)
DatabaseHost:localhost
Table Prefix: wp_atau bisa lihat gambar dibawah ini:
10. Pilih Run the install, Isi form informasi yang dibutuhkan,
11. Install wordpress, dan coba pilih Login
12. Sekarang anda login dengan Username dan password yang tadi diidikan padalangkah no 1013. Selesai, jika ingin login wordpress di localhost komputer anda tinggal masuk dengan URL http://localhost/wordpress/wp-login.php pada browser.




































BAB VI PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Kesimpulan emang semua cms punya kelebihan dan kenyamanan untuk penguna tersendiri namun menurut saya yang cukup mengesan kan adlah dolphin namun sayangnya berbayar. kalo yang gratis saya masih bingung di antara -wordpress -drupal - dan -textpattern.
kelebihan dari wordpress yang saya kagumi mungkin kemudahan dan banyak tools di internet. namun bnayak yang meretas cms inibanyak sekali barunaru ini saya dengar banyak sekali yang meretas cms ini.. haduhh
untuk kelebihan drual adalah di bidang security berbeda dengan worpress cms ini cukup sulit untuk di retas. tapi menurut saya kekurangan nya di tamplilan kita kurang leluasa untuk merubah tamplan di sini
lalu yang paling saya sukai textpattern nah cms ini menurut saya cukup mudah di unakan, garatis ada untuk mengubah html php dan lain-lain namun utnuk menambah wiget mungkin sedikit suli dan masih sedikit di indonesia ini yang menyukai
bingung mungkin di antara tiga itu karna situs saya tentang
pada akhirnya saya mengunakan drupal. karna
1: mudah pengistalanya
2.sudah banyak tutor di google atau youtube
3.sudah ada forum yang indonesia hususon untuk cms ini









DAFTAR PUSTAKA

 http://catatan-operator-warnet.blogspot.com/

Terima Kasih telah membaca Catatan di atas,

★ yang Di buat : Pada hari ★ Minggu, 02 November 2014 ★ Pukul : ☞ Dengan Judul : ★

Makalah Pembuatan Toko Online menggunakan CMS

★ Penulis :
Perlu di Ketahui:
 Catatan ini di buat oleh Operator Warnet COPAS dari
Dokumen Microsoft Office Word (Tugas Pengunjung Warnet),
yang kebanyakannya sudah langsung di Print Out,,
Catatan ini Hanya untuk Archive Data/Dokumen
dari para Pengunjung Warnet,
ada juga Data dari Hasil Kerja Operator
dalam melayani Konsumen yang datang,
hanya sebagai Bahan dasar Pengerjaan Tugas,
bilamana suatu saat nanti di butuhkan kembali,
dan sebagai Bahan Pembelajaran untuk Semuanya.
                        
Semoga bermanfaat..(^_^)

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook

DAFTAR ISI
Total Kunjungan